You are currently viewing Destinasi Wisata di Surga, Part 2

Destinasi Wisata di Surga, Part 2

Assalamu’alaykum Jokers…

Alhamdulillah kita telah berkumpul kembali untuk melanjutkan traveling kita tamasya ke Surga. Pada kesempatan yang lalu kita telah lihat betapa indah bangunan Surga, debunya dan bebatuannya yang rasanya tidak sabar untuk kita tinggal didalamnya yang bisa kamu flashback disini. Pada perjalanan kita hari ini kita akan mengunjungi kamar, kemah, pasar, sungai dan kehidupan lainnya di Surga,

Okay para perindu Surga, ga usah berlama-lama kita langsung aja menaiki kendaraan kita yang sudah menunggu, yaitu kuda terbang yang gak akan lelah mengepakkan sayapnya untuk mengelilingi Surga. Kalo kamu ga mau menaiki kuda terbang itu boleh pake kendaraan apa aja yang kamu suka, kalo saya pengennya pake pesawat Avengers yang super duper keren itu. Yuk langsung aja kita lepas landas.

Baca juga: Ciri-ciri Bidadari Surga

6. Sifat Kamar-Kamar Surga

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya di Surga ada kamar-kamar yang bagian luarnya dapat dilihat dari bagian dalam, dan bagian dalamnya dapat dilihat dari bagian luar.” Abu Malik al Asy’ari radhiyallaahu ‘anhu bertanya, “Untuk siapa Surga itu disediakan wahai Rasulullah?” Beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Allah telah menyediakannya bagi orang yang melembutkan tutur kata, memberikan makanan dan melaksanakan shalat pada malam hari ketika manusia sedang tidur.” (HR. Ath-Thabrani dan Syaikh Al-Albani berkata: Hadits hasan shahih)

7. Sifat Kemah-Kemah Penduduk Surga

Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Bidadari-bidadari yang jelita, putih bersih, dipingit dalam kemah-kemah.” (QS. Ar-Rahman: 72)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya orang mukmin di Surga memiliki sebuah kemah yang terbuat dari satu mutiara yang berlubang yang panjangnya enam puluh mil. Di dalamnya, orang mukmin itu memiliki istri-istri yang apabila dia menggilir mereka, maka masing-masing mereka tidak dapat melihat sebagian yang lainnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

8. Pasar Surga

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya di Surga ada sebuah pasar yang didatangi oleh para penduduk Surga hanya pada hari Jum’at. Ketika itu angin dari arah utara berhembus dan menerpa wajah-wajah mereka dan pakaian-pakaian mereka, sehingga menjadikan mereka bertambah bagus dan tampan. Istri-istri mereka pun berkata kepada mereka, ‘Demi Allah, sungguh kalian semakin bertambah bagus dan tampan setelah meninggalkan kami.’ Mereka pun menjawab, ‘Demi Allah, sungguh kalian juga semakin bertambah bagus dan cantik setelah sepeninggalan kami.’” (HR. Muslim)

Dari Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata:

Penduduk Surga berkata, “Pergilah kalian ke pasar!” Mereka pun pergi menuju dataran Misk. Ketika mereka kembali kepada istri-istri mereka, mereka berkata, “Sungguh kami benar-benar mencium bau harum dari diri kalian yang sebelumnya tidak kalian miliki.” Mereka pun menjawab, “Sungguh kalian juga telah kembali dengan membawa bau harum yang sebelumnya tidak ada pada diri kalian ketika kalian pergi meninggalkan kami.” (HR. Ibnu Abi ad-Dunya dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam kitab Shahih at-Targhib wa at-Tarhib)

Baca juga: Sifat Bidadari dan Kenikmatan Hubungan Seksual di Surga

9. Sifat Sungai-Sungai Surga

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Al-Kautsar adalah sebuah sungai yang ada di Surga yang kedua tepinya terbuat dari emas, aliran airnya diatas berlian dan permata, debunya lebih wangi dari minyak misk, dan airnya lebih manis dari madu dan lebih putih dari salju.” (HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Syaih Al-Albani)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Sungai-sungai Surga bersumber dari bawah tebing-tebing atau dari bawah gunung-gunung minyak Misk.” (HR. Ibnu Hibban dan Syaikh Al-Albani berkata: Hadits hasan shahih)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya di dalam Surga ada lautan air, lautan madu, lautan susu dan lautan khamr. Kemudian darinya mengalirlah sungai-sungai.” (HR. Al-Baihaqi dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani)

10. Sifat Pepohonan Surga

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya di dalam Surga ada sebuah pohon yang jika seseorang berkendaraan berjalan di bawah naungannya selama seratus tahun, niscaya dia tidak akan selesai melewatinya. (HR. Al- daBukhari dan At-Tirmidzi)

11. Makan dan Minum Para Penduduk Surga

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

Para penduduk Surga akan makan dan minum di dalamnya, mereka tidak buang air besar, tidak beringus dan mereka juga tidak buang air kecil. Bahkan, makanan mereka itu akan menghasilkan sendawa yang wanginya seperti wangi minyak Misk. Mereka diberikan ilham untuk bertasbih dan bertahmid sebagaimana mereka diberikan ilham untuk bernafas.” (HR. Muslim)

Dari Abu Umamah radhiyallaahu ‘anhu secara mauquf, dia berkata, “Sesungguhnya salah seorang dari penduduk Surga jika hendak minum dari minuman Surga, sebuah teko menghampirinya dan berada tepat di tangannya, lalu diapun minum, kemudian teko itu kembali ke tempatnya.” (HR. Ibnu Abi ad-Dunya dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani)

Dari Abu Umamah radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata, “Sesungguhnya salah seorang dari penduduk Surga jika menginginkan seekor burung dari burung-burung Surga, maka burung itu akan berada tepat di tangannya dalam keadaan matang siap santap.” (HR. Ibnu Abi ad-Dunya secara mauquf dan Syaikh Al-Albani telah menyebutkannya dalam kitab Shahih Targhib wa Tarhib)

Baca juga: Mahar untuk Meminang Bidadari Surga

12. Sifat Pakaian Penduduk Surga dan Jubah Mereka

Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka Surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya, dalam Surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya dan tempat istirahat yang indah.” (QS. Al-Kahfi: 31)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Siapa saja yang masuk Surga akan selalu hidup bahagia dan tidak akan mengalami kesengsaraan, dia akan dikekalkan dan tidak akan mati, pakaiannya tidak akan hancur dan masa mudanya tidak akan sirna.” (HR. Muslim)

13. Sifat Ranjang-Ranjang Penduduk Surga dan Dipan-Dipan Mereka

Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Di dalamnya mereka bertelekan diatas dipan, mereka tidak merasakan di dalamnya (teriknya) matahari dan tidak pula dingin yang sangat.” (QS. Al-Insan: 13)

14. Sifat Kuda-Kuda Penduduk Surga dan Tunggangan-Tunggangan Mereka

Dari Sulaiman bin Buraidah, dari ayahnya, bahwasanya ada seorang lelaki bertanya kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata, “Wahai Rasulullah, apakah di dalam Surga ada kuda?” Maka Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

“Apabila Allah memasukkanmu ke dalam Surga, maka tidaklah kamu ingin menunggangi seekor kuda yang tercipta dari permata merah yang terbang membawamu di dalam Surga kemanapun kamu suka, melainkan itu pasti akan terjadi.”

Buraidah berkata, Seorang lelaki bertanya kepada beliau seraya berkata, “Wahai Rasulullah, apakah di dalam Surga ada unta?” Buraidah berkata: Beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam tidak menjawab seperti jawaban yang beliau berikan kepada temannya tadi, melainkan beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila Allah memasukkanmu ke dalam Surga, maka kamu akan memiliki segala apa yang jiwamu inginkan dan segala nikmat yang dilihat oleh matamu.” (HR. At-Tirmidzi dan Syaikh Al-Albani berkata dalam kitab Targhib Hadits hasan lighairihi)

15. Kenikmatan yang Paling Tinggi adalah Melihat Allah

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Apabila penghuni Surga telah memasuki, Allah Ta’ala berfirman, ‘Apakah kalian menginginkan sesuatu untuk Aku tambahkan?’ Mereka menjawab, ‘Bukankah Engkau telah menjadikan wajah-wajah kami putih berseri? Bukankah Engkau telah memasukkan kami ke dalam Surga dan menyelamatkan kami dari Neraka?’ Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ketika itu hijab pun tersingkap. Tidaklah mereka diberikan sesuatu yang lebih mereka sukai daripada melihat kepada Rabb mereka.” Kemudian beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam membaca ayat ini:

۞ لِّلَّذِينَ أَحْسَنُوا۟ ٱلْحُسْنَىٰ وَزِيَادَةٌ

“Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya”


Begitulah keindahan dan pesona surga yang sangat luas dan Allah hamparkan untuk kita nanti. Tapi semua itu akan didapat penuh perjuangan dengan iman dan amal shalih serta menahan diri untuk sabar tidak menuruti hawa nafsu dan godaan syaitan selama kita ada di negeri perantauan ini (dunia). Dan itu tidaklah mudah termasuk saya sebagai pemandu wisata kalian yang penuh dosa dan kesalahan.

Semoga kita dipertemukan kembali di Surga Firdaus yang langsung di bawah naungan Arsy Allah bersama orang-orang yang kita cintai dari pasangan, saudara, orangtua dan sahabat shalih kita, Aamiin…   

Sumber: Buku 175 Jalan Menuju Surga, Nayef bin Mamduh Alu Su’ud, Darul Ilmi Publishing, Mei 2011.

This Post Has 10 Comments

  1. Avatar
    Katelya Larasati

    Terimakasih atas informasinya. Semoga penulis dan yang membaca ini lancar menjadi penghuni surga. Aamiin ..

  2. Avatar
    Lintang

    Masya Allah, sebuah kenikmatan paling tinggi adalah saat kami semua bisa melihat Rabb kami. Semoga kelak juga dipertemukan dengan orang-orang yang kami cintai.

  3. Avatar

    Benar-benar nikmat surganya Allah. Memang di surga, kita bisa menikmati apa yang dulu kita tahan di bumi, sebagai ketaatan padanya..

    Mudah-mudahan, kita masuk ke dalamnya bersama-sama. Dan tulisan ini bisa menjadi pemberat amal baik di akhirat nanti. Aamiin

  4. Avatar
    Digital Poin

    Tidak bisa dibayangkan bagaimana indahnya dan nikmatnya berada didalam surga, membaca artikel ini saja dan makna dari ayat-ayat al Quran tentang surga sudah membuat saya ingin berada didalamnya. Semoga saya dan keluarga saya berada didalamnya kelak, Aamiin

  5. Avatar

    Masyaa Allah. Nikmatbya kuar biasa ya surga itu, semoga kita nantinya dikumpulkan semua di sueganya Allah- dengan Rasulullah amiin.

  6. Avatar
    Samleinad

    Indah sekali destinasi yang diceritakan pada tulisan ini. Lebih indah daripada destinasi mana pun.

  7. Avatar

    Masya Allah, begitu banyak nikmat yang diberikan. Semoga kita diridhoi Allah SWT untuk memasuki surganya. Saya baru tahu ternyata pohon disurga begitu luar biasa dimana kita perlu waktu 100 tahun untuk melewatinya.

  8. Avatar

    MasyaAllah memang sebagai manusia pada intinya di situlah tempat berpulang nanti. Semoga bisa istiqomah dengan ibadah sampai nanti ajal menjemput

  9. Avatar
    Oktavia winarti

    Masyaa Allah.. enaknya hidup di syurga..
    Semua yang disampaikan mas Jo bikin Saya membayangkan kehidupan di syurga. Semoga bisa jadi salah satu penghuninya. Aamiin

Tinggalkan Balasan