You are currently viewing Destinasi Wisata di Surga, Part 1

Destinasi Wisata di Surga, Part 1

Aku Ingin Menjadi Bintang di Surga

Assalamu’alaykum Jokers…

Saya mau tanya nih, apa keinginan atau mimpi terbesar kamu?. Kalo cuma sebatas dunia seperti ingin sukses dalam karir, bisnis dan mendapatkan kekayaan yang melimpah, itu boleh boleh aja. Tapi ada yang lebih besar dari itu semua yang mana kita akan mempunyai kerajaan seperti sepuluh kali lipat raja-raja didunia dimana perbendaharaannya akan kita nikmati dengan kekal abadi.

Ya, itulah Surga. Tempat dimana tidak ada lagi kesulitan, kesedihan dan ujian. Yang seharusnya kita perjuangkan untuk mendapatkan kesuksesan yang hakiki yaitu masuk kedalam Surga dan dijauhkan dari Neraka.

Pada artikel kali ini saya akan berikan gambaran Surga yang gak akan ada di brosur tour and travel manapun. Karena kita semua yang harus membeli tiketnya kepada Allah dengan amalan terbaik kita di dunia. Dan bukan hanya sebatas karena amalan, tapi juga karena rahmat atau kasih sayang Allah kepada kita sehingga kita mampu memasuki “The Real Paradise”.

Saya sebagai pemandu wisata akan ajak kamu berkeliling tamasya ke Surga berdasarkan buku panduan Al-Qur’an dan As-Sunnah yang gak akan salah dan pasti kebenarannya. Yuk kita mulai touringnya.

Baca juga: Ciri-Ciri Fisik Bidadari Surga

1. Sifat Pintu Surga

Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Dan orang-orang yang bertaqwa kepada Rabb dibawa kedalam Surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke Surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya, ‘Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! Maka masukilah Surga ini, sedang kamu kekal didalamnya.’” (QS. Az-Zumar: 73)

Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Yaitu Surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang shalih dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu, (sambil mengucapkan), ‘Salamun ‘alaykum bima shabartum.’1 Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. Ar-Ra’ad: 23-24)

*1. Artinya: Keselamatan atasmu berkat kesabaranmu.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Di dalam Surga ada delapan pintu. Diantaranya ada pintu yang diberi nama Ar-Rayyaan, tidak akan dimasuki kecuali hanya oleh orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya jarak antara dua pintu dari pintu-pintu Surga adalah perjalanan empat puluh tahun. Sungguh akan datang satu hari dan dia bersuara bising karena ramai.” (HR. Muslim)

2. Cara Penghuni Surga Memasuki Surga

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Sesugguhnya rombongan yang pertama kali masuk Surga adalah laksana rembulan di malam purnama. Rombongan yang masuk setelah mereka adalah laksana bintang yang sangat terang di langit. Mereka tidak buang air kecil, tidak buang air besar, tidak beringus dan tidak berludah. Sisir mereka terbuat dari emas, keringat mereka adalah minyak kasturi, tempat bukhur mereka adalah batang kayu gaharu India, Istri-istri mereka adalah adalah para bidadari dan bentuk tubuh mereka adalah sama seperti bentuk tubuh ayah mereka Adam Alaihissalam yaitu enam puluh hasta tingginya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Sifat Bidadari dan Kenikmatan Hubungan Seksual di Surga

3. Penghuni Surga yang Paling Rendah

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

Musa bertanya kepada Rabbnya, “Siapa penduduk Surga yang paling rendah kedudukannya?” Allah menjawab, “Dia adalah seseorang yang datang setelah seluruh penduduk Surga dimasukkan ke Surga.” Maka dikatakan kepadanya, “Masuklah ke dalam Surga.” Dia (orang itu) menjawab, “Wahai Rabbku, bagaimana caranya? Semua orang telah menempati tempatnya masing-masing dan telah mengambil bagiannya.” Maka dikatakan kepadanya, “Apakah kamu suka, jika memiliki kerajaan seperti yang dimiliki seorang raja dari kalangan raja-raja di dunia?” Dia menjawab, “Tentu aku suka wahai Rabbku.” Allah berkata kepadanya, “Kamu akan mendapatkannya dan yang semisalnya, semisalnya, semisalnya dan semisalnya lagi.” Pada yang kelima kalinya dia berkata, “Tentu, aku suka wahai Rabbku.” Lalu Allah berkata, “Ini semua adalah untukmu dan sepuluh kali lipatnya, bagimu pula segala apa yang diinginkan oleh jiwamu dan yang menyenangkan pandangan matamu.” Musa bertanya, “Wahai Rabbku, siapa penduduk Surga yang paling tinggi kedudukannya?” Allah menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang Aku cintai. Aku menanam kemuliaan (Surga) mereka dengan tanganKu sendiri dan Aku pula yang menjaganya. Surga itu tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah terlintas dalam hati manusia.” Rasulullah bersabda, “Pembuktiannya ada dalam kitab Allah:

“Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti-nanti, yang indah, dipandang mata.” (QS. As-Sajdah: 17) (HR. Muslim)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya penduduk Surga yang paling rendah kedudukannya adalah seorang lelaki yang Allah palingkan wajahnya dari Neraka menghadap Surga dan Allah menggambarkan baginya sebuah pohon yang memiliki teduhan. Dia pun berkata, ‘Wahai Rabb, bawalah aku ke pohon itu agar aku berada di bawah teduhannya…’” Lalu beliau menyebutkan hadits tentang masuknya dia ke dalam Surga dan angan-angannya, sampai beliau bersabda pada akhir haditsnya: “Maka ketika angan-angannya terputus, Allah berfirman, ‘Dia -istana itu- adalah untukmu juga sepuluh istana yang semisalnya.’ Kemudian dia masuk ke istananya dan dia dihampiri oleh kedua istrinya dari kalangan bidadari. Mereka berkata kepadanya,

‘Segala puji hanya milik Allah Dzat yang menghidupkanmu untuk kami dan menghidupkan kami untukmu.’ Maka dia pun berkata, ‘Sungguh tidak ada seorang pun yang telah diberikan kenikmatan seperti yang telah diberikan kepadaku.””

(HR. Muslim)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya penduduk Surga yang paling rendah kedudukannya adalah orang yang mendapatkan seribu pelayan yang bekerja untuknya. Masing-masing pelayan mengerjakan pekerjaan yang tidak dikerjakan oleh pelayan lainnya.” Perawi (‘Abdullah bin Amr radhiyallaahu ‘anhu) berkata: Kemudian beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam membacakan ayat ini:

“Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka adalah mutiara yang bertaburan.” (HR. Baihaqi dan disahihkan oleh Syaikh Albani dalam kitab Shahiih at-Targhiib wa at-Tarhiib)

Baca juga: Mahar Untuk Meminang Bidadari Surga

4. Tingkatan-Tingkatan Penduduk Surga

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya para penduduk Surga akan berusaha melihat penghuni-penghuni kamar yang ada di atas mereka, sebagaimana kalian berusaha melihat bintang yang terang gemerlapan cahayanya di langit dari arah timur atau barat, karena perbedaan keutamaan amalan di antara mereka.” Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah itu kedudukan para nabi yang tidak mungkin dapat dicapai oleh selain mereka?’ Beliau menjawab, “Bahkan, demi Dzat yang jiwaku ada di tanganNya, mereka adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan mempercayai para rasul.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Sifat Bangunan Surga, Debunya dan Bebatuannya

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata: Kami pernah bertanya, “Wahai Rasulullah, beritakanlah kepada kami tentang Surga, bagaimanakah bangunannya?” Beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

“Bangunannya adalah bata emas dan bata perak, lantainya adalah minyak kasturi, bebatuannya adalah mutiara dan permata, dan debunya adalah adalah Za’faran. Siapa yang memasukinya, dia akan selalu hidup bahagia dan tidak akan mengalami kesengsaraan, dia akan dikekalkan dan tidak akan mati, pakaiannya tidak akan hancur, dan masa mudanya tidak akan sirna.” (HR. Ahmad dan Syaikh Albani berkata: Hadits ini hasan lighairihi)

Dari Abu Sa’id radhiyallaahu ‘anhu, dia berkata, “Allah Ta’ala telah menciptakan Surga dari bata yang terbuat dari emas dan bata yang terbuat dari perak dan lantainya adalah minyak kasturi. Lalu Allah berfirman kepadanya, ‘Bicaralah!’ Dia berkata, ‘Sungguh telah beruntunglah orang-orang yang beriman.’ Para malaikat pun berkata, ‘Alangkah baik keadaanmu, kamu adalah tempat tinggal para raja.’ (HR. Ath-Thabrani dan Al-Bazzar. Disahihkan oleh Syaih Albani dalam Shahiih at-Targhiib wa at-Tarhiib)


Okay Jokers, cukup dulu hari ini berpetualang mengelilingi Surga yang gak akan pernah puas kita perbincangkan. Besok kita akan melihat pemandangan yang lebih seru dari ini, dimana kita bisa berinteraksi dengan penduduk asli di Surga berupa bidadari.

Saya tunggu kamu di titik kumpul kita di blog ini, jangan sampai ketinggalan ya.

Sumber: Buku 175 Jalan Menuju Surga, Nayef bin Mamduh Alu Su’ud, Darul Ilmi Publishing, Mei 2011.

Image: Water photo created by liuzishan – www.freepik.com

This Post Has 19 Comments

  1. Avatar
    Laila Dzuhria

    Ini nih yang pernah terbesit dipikiranku.

    Rasanya capek banget lho ngejar dunia. Mikirnya uang, jabatan, dan sebagainya. Sampai2 kita lalai dg kewajiban. Padahal Dialah yang memberi tapi kita lalai.

    Apa sih yang dicari? Padahal akhiraglah tempat terakhir kita dan seharusnya kita fokus mengejar itu.

    Makasih banyak Pak untuk insight positifnya. Semoga bisa menamoar saya untuk kebih giat lagi beribadah dan mengejar tujuan akhir, yaitu akhirat.

  2. Avatar
    dea merina

    masyaAllah jadi berasa diingetin lagi hiks
    thank you kak tulisannya 😁

  3. Avatar
    Atik

    Paling keinget itu jannatul Firdaus atau surga Firdaus yang gambarannya itu seperti taman yang indah. Dulu baca di buku cerita anak dan saya kepincut sekali. Sekarang pikiran saya lebih ke arah pengen dapat rahmat Allah nanti ketika yaumul hisab. Sisanya masuk kemana saya serahkan pada-Nya

  4. Avatar
    Feri Nugroho

    Terima kasih mas atas tulisannya yang mengingatkan kita bahwa hidup didunia ini hanyalah sementara dan fana sedangkan hidup yang indah itu ada di surga. Tetapi untuk mencapainya kita perlu ekstra mengejarnya, sebab keindahan dunia sering menghayutkan dan membuat orang terlena akan tujuan akhirnya.

  5. Avatar
    Teddy

    Terima Kasih Bang telah mengingatkan saya akan indahnya surga itu, jadi semakin semangat dalam mengejar tempat terbaik ini.

  6. Avatar
    Teddy

    Ehh, maaf Kak maksud Teddy

  7. Avatar
    Akbar

    Impian semua orang untuk masuk ke surga. Saya kagum dengan bangunan yang ada di surga terbuat dari emas dan perak. Yok rajin ibadahnya

  8. Avatar
    Yonal Regen

    MasyaAllah watabarokallah
    Terima kasih sudah diingatkan untuk tidak menomorsatukan dunia, karena ada kampung lain yang akan kita tuju yaitu kampung abadi, kampung akhirat

  9. Avatar
    Andri Marza Akhda

    Masyaallah, bahkan nikmat besar jadi Raja di dunia, adalah nikmat terkecil di surga. Terharu dengan kalimat ini, “Apakah kamu suka, jika memiliki kerajaan seperti yang dimiliki seorang raja dari kalangan raja-raja di dunia”. jika iya, iya kamu dapat.

  10. Avatar
    Rendi

    masha allah.. fabiayyi ala irobbikuma tukadziban 🙂

  11. Avatar
    Lintang

    Masya Allah, ini mah impian semua orang mukmin. Semoga kita semua bisa berkumpul di surga bersama orang-orang yang kita cintai ya pak, insya Allah. Jadi reminder untuk tak hanya sibuk dengan urusan dunia aja.

  12. Avatar
    Milah Smart

    MasyaAllah. Lengkap dan sangat ringkas dalam tulisan ini. Masuk surga tentu ini adalah dampaan dan tujuan setiap manusia di bumi kak. Semoga kita mampu menjadi dan memiliki karakter para penghuni surga. Salah satunya sabar.

  13. Avatar
    Allamandawi

    Masyaa Allah, semoga makin istiqomah kedepannya buat kejar syurga Allaj

  14. Avatar

    Makasih kang tulisannya bagus, jadi reminder untuk kita semua untuk mengejar syurgaNya…

  15. Avatar
    Lidin

    Jadi inget dulu pas SD beli buku judulnya Kunci Masuk Surga😅 Semoga kita dimudahkan jalannya menuju surga yang manapun itu. Amiin

  16. Avatar

    MasyaAllah pak, terima kasih sudah diingatkan kembali tentang kehidupan dunia yang fana. Lihat ciptaan Allah di dunia aja udah indah banget, apalagi surga. MasyaAllah…

  17. Avatar
    Mei Daema

    baca judulnya sempat bingung, pas baca sampai bawah jadi merembes, semoga selalu lebih baik lagi dan terim kasih kak sudah diingatkan

  18. Avatar
    Pradyta

    Masyaallaah, semoga kita bisa menjadi umat yg dapat kesempatan menikmati surganya Allah, terimakasih remindernya mas

  19. Avatar
    Edi

    Semoga masuk surga kita semua. Aamiin… Barakallah min terus bermanfaat. Terima kasih

Tinggalkan Balasan